Pengolahan Bahan Pangan Hasil Samping Buah Menjadi Produk Pangan
https://pjj.smpn18sinjai.sch.id Sebagai Media Proses Belajar Mengajar dari Rumah untuk Siswa dan Guru UPTD SMPN 18 Sinjai

Pengolahan Bahan Pangan Hasil Samping Buah Menjadi Produk Pangan

Manajemen Sekolah
Rabu, 04 November 2020


Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian bahan pangan hasil samping buah
  2. Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik hasil samping buah
  3. Peserta didik dapat menjelaskan kandungan dan manfaat buah - buahan

Materi

Pengertian Hasil Samping Buah

Hasil Samping Buah adalah bahan samping yang dihasilkan dari tanaman buah selain pada buah yang merupakan bahan pangan utama.

Hasil Samping dari buah dapat dimanfaatkan sebagai olahan pangan yang dapat di konsumsi oleh manusia dan juga di kunsumsi oleh hewan

Karakteristik Hasil Samping Buah

Karakteristik berdasarkan sifat alami dari dinding buah, terdiri dari 5 bagian,

yaitu :

  1. Berry, yaitu lapiisan kulit luar tipis, sedangkan lapisan tengah dan dalamnya menyatu. Contohnya, strowbery, plum, cherry, dan jambu biji.
  2. Hespiridium, yaitu buah dengan tiga lapisan dinding buah, dimana lapisan kulit luar tebal dan mengandung zat warna, lapisan tengahx serupa jaringan yang keputih-putihan, serta lapisan dalam banyak mengandung gelembung berisi cairan jus didalamnya dengan biji-bijian yang tersebar. Contohnya jeruk, jeruk lemon, jeruk nipis.
  3. Drupa, yaitu memiliki tiga lapisan dinding buah, dimana lapisan luar umumnya tipis dan akan terlihat jelas saat buah matang, lapisan tengah merupakan daging buah atau berserabut, dan lapisan dalam merupakan pelindung yang keras bagi biji. Contohnya buah mangga, gandaria dan kelapa.
  4. Pome, yaitu lapisan luar tipis, lapisan tengah merupakan daging buah, dan lapisan dalam seperti kertas yang berfungsi untuk melindungi biji. Contohnya adalah apel, pir, delima.
  5. Pepo, yaitu lapisan kulit luar tebal dan keras, lapisan tengah dan lapisan dalam menyatu membentuk daging buah, dan pada ruangan buah berisi biji-bijian dalam jumlah yang besar. Pepo merupakan berry termodifikasi. Contohnya yaitu buah melon, semangka dan labu kuning.

Kandungan & Manfaat Hasil Samping Buah

Berikut ini kandungan dan manfaatnya adalah :

Jantung Pisang: Khasiatnya setara dengan buah pisang, mengandung kalsium, protein, minerat, vitamin & kandungan serat tinggi yang baik untuk kesehatan.Kandungan saponin berfungsi untuk menurunkan kolekterol, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker.Kandungan flovonoid & yodium berfungsi anti radikal bebas, anti kanker dan anti penuaan, mencegah penyakit gondok.




Kulit Jeruk : Mengandung flovonoid dan 170 macam phytonutriens berbeda yang baik untuk kesehatan kulit dan sistem imun tubuh. Serat kulit jeruk dapat membantu melancarakan sistem percernaan dan dapat membuat rasa kenyang dalam waktu yang lama.


Kulit Manggis : Kulit manggis merupakan bagian yang paling bermanfaat, kaya akan manfaat dan khasiat, sehingga disebut ratunya kulit buah. Olahannya bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, anti bakteri, anti inflamasi, anti jamur, anti kanker,dll sehingga mampu mengobati penyakit jantung, kanker, diabetes dan stroke.


Kulit Apel : Nutrisinya yaitu mineral, kalsium, kalium,fosfor, vitamin A,C,K, anti oksidan flavonoid dan asam fenolat, serat yang tinggi. Kandungan vitamin, minerl dan serat tinggi mampu memperbaiki pertumbuhan sel dan penglihatan, memperkuat sistem imunitas, melancarakan darah, perncernaan dan pernapasan. Kaya akan manfaat untuk kesehatan, penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.


Kulit Pisang Dengan kemajuan teknologi pangan kulit pisang dapat di manfaatkan sebagai bahan pangan. Memiliki gizi antara lain kandungan air tinggi, karbohidrat, ptotein, kalsium, fosfor, zat besi, Vit B & C. Kalsiumnya baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Bermanfaat untuk mengurangi kerusakan oksidatif pada penderita diabetes melitus


Rangkuman

  • Bahan pangan hasil samping buah adalah bahan samping yang dihasilkan dari tanaman buah, selain buah yang merupakan bahan pangan utama.
  • Krakteristik berdasarkan sifat alami dari dinding buah (Kulit/hasil samping) yaitu berry, hespiridium, drupa, pome dan pepo
  • Setiap tanaman buah memiliki hasil samping yang berupa kulit buah, biji buah dan jantung buah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tugas

Mengidentifikasi bahan pangan hasil samping dari tanaman buah

 

No

 

Nama Tanaman Buah

Hasil samping tanaman yang dapat dimanfaatkan

Produk olahan pangannya

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

7

 

 

 

8

 

 

 

9

 

 

 

10